Iklan

Cara Merawat Kucing Setelah Sterilisasi atau Pengebirian

CB SEO Friendly | March 24, 2020
Cara Merawat Kucing Setelah Sterilisasi atau Pengebirian. Steril adalah pemandulan kucing betina. Kebiri adalah pemandulan kucing jantan.

Cara Merawat Kucing Setelah Sterilisasi atau Pengebirian

Ada hal yang perlu diperhatikan pemilik kucing setelah melakukan proses sterilisasi. Sterilisasi adalah langkah mengambil organ reproduksi kucing betina. Metode ini disebut juga kastrasi atau pengangkatan testikel anjing atau kucing jantan.

Proses pemandulan serta pengebirian kucing adalah pembedahan rutin, namun tetap saja, setelah operasi tersebut, kucing Anda memerlukan perawatan. 

Berikut ini cara merawat kucing setelah ia dimandulkan (kucing betina) atau dikebiri (kucing jantan) untuk membantu penyembuhan pasca-operasi dan agar kucing mampu kembali bahagia serta sehat.

Cara Merawat Kucing Setelah Sterilisasi atau Pengebirian

Selama 5-10 Hari Pasca Steril

Selama 5-10 hari kucing bisa saja nampak mengantuk dan kurang aktif. Hal ini karena efek obat bius, yang akan semakin berkurang pada waktu yang berbeda antara masing-masing individu.

Tempatkan kucing dalam ruangan kecil. Buat dia hangat dan nyaman. Jangan biarkan berada pada lantai atau alas yang keras dan dingin. Sediakan selimut agar dia tidak menggigil.

Kucing harus beristirahat dan usahakan agar tidak banyak bergerak, tidak berlari-larian, tidak bermain kasar, melompat, dan sejenisnya. 

Hal ini untuk menghindari guncangan dan pendarahan yang bisa terjadi pada jaringan internal bagian yg dioperasi. Dan lanjutkan membatasi kegiatannya selama 1-2 minggu setelah operasi.

Energi si kucing seharusnya sudah mulai kembali sehari setelah operasi. Dan perilaku normalnya mulai kembali pada waktu 48 jam sejak waktu operasi

Periksa luka jahitan satu hingga 2x sehari untuk memastikan sembuh dengan benar dan tidak ada tanda-tanda infeksi.

Jangan biarkan kucing menjilat, menggigit, atau menarik-narik luka operasi atau jahitannya. Hal ini untuk menghindari infeksi pada luka dan terlepasnya jahitan. Jika diperlukan, gunakan e-collar.

Kucing sebaiknya tidak dikandangkan sama sekali, dilepas saja seperti biasa di dalam rumah, karena akan terus terpantau.

Gunakan minyak sayur yg dioles disekeliling perban. Selama beberapa hari setelahnya, jika luka baik-baik saja dan makin kering, maka tidak ada obat (salep) apa pun yg diaplikasikan disana.

Untuk kucing outdoor sebaiknya kucing akan terus dikurung dalam kandang selama 24 jam sehari, minimal 7 hari. Agar lukanya masih terkontrol.

Gunakan Kalung

Gunakan kalung “Elizabethan”. Dokter mungkin memberikan kalung ini atau Anda bisa membelinya di toko perlengkapan hewan lokal. Kalung seperti ini membatasi gerakan wajah kucing agar ia tidak bisa mengganggu area operasinya.

Kalung ini juga bisa disebut dengan istilah kalung protektif, kalugn E, atau kalung kerucut.*
Sumberhttps://www.liputan6.com/health/read/737577/yang-harus-diperhatikan-pada-kucing-usai-dikebiri
https://id.wikihow.com/Merawat-Kucing-Setelah-Pemandulan-atau-Pengebirian

No comments:

Post a Comment